Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Diterima Kerja? Lakukan 6 Hal Ini

Ingin Diterima Kerja? Lakukan 6 Hal ini

ayokkerja.com - Mungkin banyak pertanyaan yang dilontarkan teman, sahabat bahkan keluarga ketika anda belum mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah ataupun kuliah. Memang, pendidikan tidak menjamin seseorang akan mendapatkan hidup yang lebih baik atau tidak karena tahap selanjutnya yaitu mencari pekerjaan sedang menunggu anda semua. Mengapa? Karena pada dasarnya, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk para pencari pekerjaan yang telah berpengalaman, bukan untuk para fresh graduate atau lulusan baru. 

Jika anda saat ini baru selesai melaksanakan pendidikan sebagai siswa, tentu terfikir dibenak anda untuk melanjutkan kuliah atau bahkan kuliah sambil bekerja. Hal serupa tentu dialami para mahasiswa maupun mahasiswi yang baru saja selesai melaksanakan pendidikan atau biasa disebut dengan fresh graduate. Tekanan hidup mulai dirasakan saat mencari kerja, mulai dari melempar lamaran pekerjaan kesana - kemari, interview kebanyak perusahaan.
Jika kalian ingin cepat mendapatkan pekerjaan, simak tips dan trik agar cepat diterima kerja bagi fresh graduate berikut ini :

1. Buat CV Yang Menarik
Apa itu CV? CV adalah Curriculum Vitae atau biasa disebut dengan daftar riwayat hidup. Mungkin banyak pertanyaan oleh anda semua khususnya bagi para fresh graduate yaitu, mengapa CV harus dibuat semenarik mungkin? Hasil riset membuktikan, banyak HRD yang menyukai calon karyawan yang kreatif. Hal ini tentu saja menjadi nilai plus bagi kalian dimata HRD sehingga tingkat persentase diterimanya anda diperusahaan akan semakin tinggi.
Sebelum membuat CV yang menarik, kenali terlebih dahulu tempat perusahaan yang akan anda lamar. Misal, anda ingin melamar pekerjaan di bidang web developer. Anda bisa mengaplikasikan ide kreatif anda lalu menuangkannya kedalam CV anda sekalian. Ingat, jangan terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan, itu tidak baik :).
Berikut ini website penyedia layanan pembuat jasa CV menarik yaitu:
Resume.io
Kinzaa
Visual CV
Resumonk

2. Kembangkan Kemampuan atau Skill 
Setelah lulus dari masa sekolah maupun perkuliahan, ada baiknya jika anda mengembangkan kemampuan atau skill yang menjadi hobi anda. Mengapa? Karena belum tentu hobi atau skill yang anda miliki dipelajari di sekolah ataupun jurusan perkuliahan yang anda tempuh. Hasil riset membuktikan bahwa di Indonesia, tingkat kegemaran atau hobi seseorang berbanding terbalik dengan jurusan yang diambil pada universitas yang diambil mereka. Mengapa demikian? Bisa jadi karena faktor paksaan orang tua, sehingga minat atau hobi tidak dapat dikembangkan secara maksimal. Untuk itu anda semua bisa mulai mengembangkan hobi anda semaksimal mungkin sejak dini.

3. Rajin Membaca Info Lowongan Pekerjaan
Di era yang serba digital saat ini, anda tidak perlu terlalu sering keluar rumah untuk sekedar mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Segala sesuatu tentang perusahaan, khususnya info lowongan pekerjaan telah terintegrasi secara online sehingga memudahkan para pencari kerja untuk menyesuaikan kualifikasi pekerjaan dengan apa yang kita miliki.
Salah satu website penyedia lowongan kerja yaitu ayokkerja.com

4. Perbanyak Koneksi atau Relasi
Salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan yang lain yaitu dengan memperbanyak koneksi atau relasi. Hal tersebut dikarenakan dengan banyaknya relasi, anda akan memperoleh informasi lowongan pekerjaan dengan lebih mudah. Tentu hal ini sangat bermanfaat sekali bukan?
Selain membantu anda mencari informasi lowongan pekerjaan, relasi yang banyak juga membantu anda untuk sekedar sharing tentang pengalaman, khususnya dalam konteks pekerjaan

5. Persiapkan Wawancara Sebaik Mungkin
Wawancara atau interview adalah syarat wajib yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan, khususnya bagi para fresh graduate. Mengapa demikian? karena ditahap interview inilah calon pekerja akan dinilai oleh para HRD Perusahaan tentang seberapa jauh minat kalian ingin melamar kerja diperusahaan tersebut. Apa saja yang harus dipersiapkan?
Pertama, pastikan anda mencari tahu lokasi wawancara jauh hari sebelum hari interview anda dilaksanakan, hal ini akan membantu anda agar tidak terlambat atau kesulitan untuk menuju lokasi tempat dilaksanakan test interview anda sekalian. Selain itu, hal ini juga mencegah agar kalian tidak terlambat saat akan melaksanakan wawancara.
Hal yang kedua yaitu persiapkan berkas serapi mungkin, khususnya urutan berkas agar si HRD Perusahaan tidak kesulitan dalam membaca identitas diri anda. 
Ketiga, gunakanlah pakaian yang sopan dan rapi. Umumnya, pakaian yang formal saat melamar pekerjaan yaitu pakaian hitam putih. Dengan menjaga kerapian, itu akan menjadi nilai plus bagi anda dimata para HRD Perusahaan.
Keempat, cari tahu profil perusahaan yang bisa anda akses dari website perusahaan tersebut karena terkadang HRD Perusahaan akan menanyakan anda tentang perusahaan tempat anda melamar tersebut.
Kelima, jaga sopan santun dan attitude anda. Hal yang sangat penting saat anda melamar pekerjaan atau dimanapun adalah menjaga attitude. Dengan attitude, kalian akan dinilai sebagai orang yang baik dimata siapapun.
Keenam, cari tahu berapa UMK atau UMR kota atau provinsi yang anda tinggali. Jika HRD bertanya berapa gaji yang anda minta, sesuaikan dengan UMK atau UMR kota anda agar gaji yang anda minta terkesan masuk akal.
Ketujuh, saat kalian selesai melakukan wawancara, jabatlah tangan HRD dan ucapkanlah terima kasih. Hal tersebut akan dinilai oleh HRD sebagai nilai plus dimata beliau karena seperti yang saya bilang tadi, dengan attitude, kalian akan dinilai sebagai orang yang baik dimata siapapun.

6. Jaga Kesehatan
Usahakan saat anda dipanggil wawancara, anda sedang dalam kondisi yang sebugar mungkin. Coba anda bayangkan jika anda interview dalam kondisi sakit, tentunya anda akan merasa kesulitan karena tidak fokus atau bahkan HRD akan merasa risih jika anda sedang sakit karena takut tertular bukan?.

7. Perbanyak Doa dan Rajin Bersedekah
Dalam ajaran agama apapun, doa adalah suatu hal yang ampuh dan mujarab agar sesuatu yang kita kehendaki terkabul. Bagi yang muslim, jangan tinggalkan sholat fardhu dan sholat dhuha karena sholat dhuha akan membantu membukakan pintu rezeki bagi anda dan kita sekalian. Bagi yang non muslim berdoalah sesuai ajaran agama masing - masing karena Tuhan punya cara tersendiri untuk menolong umatnya yang sedang kesusahan.
Demikianlah tips dan trik agar cepat diterima kerja versi ayokkerja.com, semoga anda semua dipermudah dalam segala urusan, khususnya cepat diterima kerja diperusahaan yang anda inginkan, amiin. 

Keyword :
- ayokkerja.com
- Lowongan Kerja
- Lowongan Kerja Terbaru
- Tips Interview
- Lamaran Kerja
- Fresh Graduate